Kamis , 6 Mei 2021
bercocok tanam
Anjuran Untuk Bercocok Tanam Beberapa kali Al-Qur’an mengingatkan rezeki dengan tumbuhan dan bagan-bagiannya. Ayat-ayat dibawah ini, misalnya,

Anjuran Untuk Bercocok Tanam

Anjuran Untuk Bercocok Tanam

 

Beberapa kali Al-Qur’an mengingatkan rezeki dengan tumbuhan dan bagan-bagiannya. Ayat-ayat dibawah ini, misalnya, menunjukkan hal tersebut. Ada pula ayat yang tidak mengaitkannya langsung dengan rezeki, melainkan hanya menyebutnya sebagai tumbuhan yang baik.

“Dan mereka berkata, ‘Jika kami mengikuti petunjuk bersama engkau, niscaya kami akan diusir dari negeri kami’ (Allah berfirman) Bukankah kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam tanah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan dari segala macam (tumbuh-tumbuhan) sebagai rezeki (bagimu)dari sisi Kami? Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui” (QS. Al-Qasas : 57)

“Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim : 37)

“(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan  bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 22)

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, ‘Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu diantara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,’ Dia (Allah) berfirman, ‘Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali’” (QS. Al-Baqarah : 126)

Baca juga : Kekosongan Akal

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, ‘Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu’. Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan disana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya” (QS. Al-Baqarah : 25)

“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu” (QS. Ibrahim : 32)

“Dia menciptakan langit tanpa tiang sebagaimana kamu melihatnya, dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi agar ia (bumi) tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembangbiakkan segala macam jenis makhluk bergerak yang bernyawa di bumi. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik”. (QS. Lukman : 10)

“Dan apakah mereka tidak memeperhatikan bumi, betapa banyak Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam pasangan (tumbuh-tumbuhan) yang baik? (QS. Asy-Syu’ara : 7)

 

Salah satu bukti perhatian Islam terhadap kelestarian bumi dan kehidupan diatasnya adalah anjuran untuk memanfaatkan lahan tidur, tanah tak bertuan dan tidak produktif, baik untuk pertanian maupun kegiatan lainnya. Seseorang diperbolehkan menandai lahan tidur yang dibuatnya produktif, dikenal dengan istilah ihya’ul mawat. Oleh ‘Umar, hukum ini diterapkan saat beliau menjabat sebagai khalifah kedua, dan itu didasarkan pada sabda Rasulullah,

“Barangsiapa mengelola tanah yang tidak dimiliki oleh orang lain maka dialah yang berhak (atas tanah itu)” (HR. Bukhari)

“Barangsiapa yang menghidupkan (memanfaatkan) tanah yang mati (tidak dimiliki orang lain) maka tanah itu menjadi miliknya”. (HR. Tirmidzi)

 

Sumber : Tafsir Ilmi Mengenal Ayat-Ayat Sains Dalam Al-Qur’an, Kemenag RI & LIPI

About

Check Also

sahabat

Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga

Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang petama-tama (masuk Islam) …

6 comments

  1. Good blog you’ve got here.. It’s difficult to find excellent writing like yours these
    days. I really appreciate people like you! Take care!!

  2. I like the helpful info you provide in your articles.
    I’ll bookmark your blog and take a look at once more
    right here frequently. I am quite sure I will learn lots of new stuff proper here!
    Good luck for the following!

  3. Hmm is anyone else encountering problems with the images on this blog loading?
    I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the
    blog. Any feed-back would be greatly appreciated.

  4. Hi to all, it’s really a good for me to pay a quick
    visit this web site, it includes priceless Information.

  5. Pretty section of content. I just stumbled
    upon your weblog and in accession capital to assert that I get
    actually enjoyed account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I
    achievement you access consistently rapidly.

  6. I every time emailed this webpage post page to all my contacts, because if like to read
    it afterward my friends will too.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *