Selasa , 24 November 2020
rumahku syurgaku
Rumahku Syurgaku Bagi pasangan yang baru menikah atau pasangan yang sudah lama menikah sangat mendambakan keluarga yang sakinah mawaddah

Rumahku Syurgaku

Rumahku Syurgaku

 

Bagi pasangan yang baru menikah atau pasangan yang sudah lama menikah sangat mendambakan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, dimana kasih sayang tercurahkan antar sesama keluarga baik itu suami istri atau orangtua dengan anaknya hal itu bisa terwujud dengan adanya rumah sebagai naungan mencurahkan kasih sayang.

Rumah adalah sebuah tempat yang nyaman, tempat aman, tempat berlindung semua anggota keluarga, Rumah itu bisa menjadi syurga dan mungkin bisa menjadi neraka bagi penghuni nya tinggal bagaimana seluruh anggota keluarga itu menata rumah tersebut . Rumah yang bagaikan syurga itu yang di dambakan semua orang karena dari situlah keberkahan hidup berawal, generasi penerus bangsa yang hebat dilahirkan lalu bagaimana cara nya agar rumah itu bisa menjadi syurga bagi penghuni nya, dibawah ini ada beberapa tips untuk menjadikan rumah itu bagaikan syurga :

 

  1. Jadikanlah rumah itu sebagai suatu nikmat

Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya  jika kamu bersyukur, Kami pasti akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku maka sesungguhnya adzab-Ku amatlah pedih’.” (Qs: Ibrahim ayat 7).

Apabila kita merenungi ayat di atas maka hendaklah kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah Swt berikan kepada diri kita termasuk dengan rumah yang saat ini kita miliki walaupun terkadang rumah nya tidak semegah dan seluas istana tapi kita hanya punya rumah mungil dan itu pun terkadang bukan milik sendiri alias ngontrak, Itu bukanlah halangan bagi keluarga tersebut menciptakan sebuah keluarga syurga  , karena kalau  kita mau menengok banyak saudara kita yang tidak bisa merasakan  nyaman, hangat nya rumah contoh nya orang yang terkena bencana alam, perang  mereka harus tinggal di pengusihan,bahkan di hutan sebagai tempat persembunyian.

  1. Meneladani rumah tangga Rasulullah Saw

Orang yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya; dan aku adalah yang terbaik bagi keluargaku.” (Hadits shahih. Lihat As-Silsilah Ash-Shahihah).

Rasulullah SAW adalah contoh tauladan yang paling sempurna dalam rangka membangun baiti jannati oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita harus banyak membaca tentang siroh Rasulullah SAW dalam membina keluarga, bagaimana Rasulullah SAW berperan sebagai seorang suami dan seorang ayah.  Berikut ini sepenggal kisah romantis Rasulullah SAW terhadap istri beliau :

Dari Anas, dia berkata: Kemudian kami pergi menuju Madinah (dari Khaibar). Aku lihat Nabi SAW menyediakan tempat duduk yang empuk dari kain di belakang beliau untuk Shafiyyah. Kemudian beliau duduk di samping untanya sambil menegakkan lutut beliau dan Shafiyyah meletakkan kakinya di atas lutut beliau sehingga dia bisa menaiki unta tersebut. (HR Bukhari).

Baca juga : Hati yang Rindu Dalam Dekapan Sepi

  1. Seluruh anggota keluarga memahami hak dan kewajibannya.

Ketika semua anggota mengetahui hak dan kewajiban nya menurut syariat islam maka Allah SWT akan menurunkan sakinah mawaddah warahmah Nya untuk keluarga tersebut.

Menurut Sayyid Sabiq, hak dan kewajiban suami istri ada tiga yakni:

  1. Hak dan kewajiban istri atas suami,

Contohnya seorang istri berhak untuk mendapatkan perlakuan baik dari suami dan kewajibannya harus taat kepada suami selama suaminya tidak menyuruh untuk berbuat maksiat kepada Allah SWT.

  1. Hak dan kewajiban suami atas istri,

Contohnya seorang suami berhak mendapatkan pelayanan dari istri nya dan kewajiban suami bisa menjadi Imam yang baik untuk istri nya.

  1. Hak dan kewajiban bersama
  • Suami istri, hendaknya saling menumbuhkan suasana mawaddah dan rahmah. (Ar-Rum: 21)
  • Hendaknya saling mempercayai dan memahami sifat masing-masing pasangannya. (An-Nisa’: 19 – Al-Hujuraat: 10)
  • Hendaknya menghiasi dengan pergaulan yang harmonis. (An-Nisa’: 19)
  • Hendaknya saling menasehati dalam kebaikan. (Muttafaqun Alaih)
  1. Hadirkan sifat sifat penghuni syurga di rumah

Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka). Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Rabb yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat, masukilah surga itu dengan aman, Itulah hari kekekalan. Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya.” (QS. Qaaf: 31-35).

Ada empat sifat yang disebutkan dalam ayat yang mulia ini, yaitu: (1) awwab (hamba yang kembali pada Allah), (2) hafiizh (selalu memelihara aturan Allah), (3) takut pada Allah, dan (4) datang dengan hati yang muniib (bertaubat).

Bangunlah rumah seindah syurga di dunia sebelum mendapatkan syurga yang hakiki.

Demikianlah artikel ini saya buat semoga menjadi pengingat buat saya pribadi.

Wa allahu a’lam bishawab

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Riyanah, A. Md
Pembina Majelis Taklim Ihya Ul Ummah

Check Also

sholat

Ini Tips Mudah Hilangkan Rasa Malas untuk Sholat

Tujuan diciptakan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan itu tertulis jelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *