menulis

Mengapa Kita Harus Menulis?

Inspirasi Other
Mengapa Kita Harus Menulis?

 

Menulis sebenarnya adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan, apalagi jika kita melakukannya dengan hati. Sebab jika kita melakukannya dengan hati maka semua akan terasa lebih ringan dan berjalan seperti adanya. Layaknya air terjun yang mengalir ke tempat yang lebih rendah, sama halnya dengan tulisan, ia akan mengalir begitu saja tanpa kita sadari.

Namun bagi sebagian orang, menulis adalah pekerjaan yang sulit dan membosankan. Hal ini terjadi mungkin memang karena ia bingung ingin menuangkan apa dan untuk apa ia melakukannya, pikiran seperti inilah yang membuat kita tidak dapat melakukannya. Apalagi jika kita ingin menulis namun belum mempunyai konsep seperti apa dan memiliki minim sekali pengetahuan, hal ini juga pun akan menjadi penghambat kita.

Tulisan akan mudah dibuat jika memiliki perencanaan atau konsep terhadap tulisan yang akan kita buat. Namun, sebaik apapun perencanaan yang kita buat jika kita tidak memiliki motivasi yang tinggi maka tidak ada dorongan yang baik dari luar. Setiap orang pun memiliki alasan-alasan tersendiri dalam melakukannya.

Baca juga : Cara Menulis yang Baik dan Benar

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin menulis, berikut:

  1. Berbagi ide/pemikiran

Ide/pemikiran seseorang itu berbeda-beda karena persepsi setiap orang pun juga berbeda. Ide/pemikiran itu juga harus kita tuliskan, karena ide mudah muncul dan mudah juga untuk sirna, karena hal inilah menuliskan ide/pemikiran itu penting. Ide/pemikiran yang kita tuliskan mungkin dapat membantu menyelesaikan masalah orang lain, dan mungkin juga dapat menambah wawasan untuk orang lain.

  1. Mengisi waktu luang

Sebagian orang mungkin sibuk dengan pekerjaannya dan tidak ingin menyia-yiakan waktu luangnya yang ada untuk bersantai-santai. Menulis pun bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang yang ada. Walau tidak semua orang mengisi waktu luangnya dengan melakukan hal itu, namun banyak sekali hal yang dapat ditulis, misalnya tentang pengalaman yang pernah terjadi, tentang destinasi yang pernah dikunjungi, atau tentang kisah-kisah sendiri saat waktu belajar dulu ataupun saat masa-masa dipondok.

  1. Mencegah dan menghilangkan stress

Seseorang yang hobi dengan menulis, biasanya ia akan melampiaskan segala yang ia rasakan dalam tulisan, sehingga nantinya ia akan merasa tenang, saat ia mampu menuangkannya dalam tulisan. Menuangkan segala yang kita rasakan dalam tulisan sama halnya seperti kita sedang berkomunikasi dengan diri kita sendiri.

Karena pada hakikatnya, apapun yang kita tulis, jika itu diniatkan untuk memberikan kebaikan untuk orang lain, InsyaAllah itu akan menghasilkan kebaikan pula.

“ Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

( Pramoedya Ananta Toer )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *