Kamis , 4 Maret 2021
hambatan
Hambatan Dalam Menulis Menulis merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Namun, ada saatnya menulis itu menemukan hambatan saat proses

Hambatan Dalam Menulis

Hambatan Dalam Menulis

Menulis merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Namun, ada saatnya menulis itu menemukan hambatan saat proses menuangkan ide kedalam kertas. Hambatan-hambatan seperti inilah yang membuat tulisan kita berhenti dan tidak dapat berlanjut.bahkan hambatan ini akan menjadi kesulitan yang besar jika kita tidak segera mengatasinya.

Banyak orang berpikir bahwa menulis membutuhkan kemampuan khusus untuk melakukan. Padahal pada hakikatnya semua dapat menulis dan hambatan yang kita rasakan haruslah dihadapi dan ditanggalkan agar kita terbiasa untuk menulis. Kita kenali dulu yuk apa saja hambatan-hambatan yang membuat kita sulit menulis.

Hambatan-hambatan menulis:

  1. Rasa percaya diri yang kurang.

Rasa percaya diri yang kurang, hal ini sering sekali menjadi alasan penghambat bagi kita untuk menulis. Rasa itu muncul karena mindset kita yang mengatakan bahwa kita tidak mampu untuk menulis dengan bagus atau lainnya. Perasaan dari dalam diri kita itulah yang menjadi penghambat kita untuk menulis, karena kita sudah meyakinkan diri bahwa kita tidak mampu untuk melakukannya.

  1. Menunda-nunda.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa menunda-nunda dalam hal apapun merupakan kebiasaan yang buruk. Apalagi jika kita menunda-nunda dalam hal menulis. Ide atau pemikiran yang cemerlang akan hilang begitu saja jika kita menunda-nunda untuk menuangkan ide kita dalam tulisan. Yang akan berakibat dengan sulitnya kita untuk menggali atau mendapatkan ide-ide yang bagus.

Baca juga : Kerangka Menulis Dengan Konsep 5W+1H

  1. Bingung harus mulai darimana.

Hambatan selanjutnya ialah bingung harus mulai darimana, ini menjadi alasan banyak orang mengapa kita tidak bisa menyelesaikan tulisan kita. Kebingungan terjadi mungkin karena terlalu banyaknya ide atau tulisan yang ingin kita tulis, yang mengakibatkan patahnya semangat menulis yang telah membara. Tidak jarang pula yang batal untuk menulis.

  1. Bermasalah dengan paragraf awal.

Hambatan terbesar lainnya ialah bermasalahnya dengan paragraf awal. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa  paragraf awal merupakan cerminan keseluruhan dari isi tulisan. Hal inilah yang banyak membuat penulis memutuskan untuk mengakhiri tulisannya sebelum tulisan itu benar-benar selesai.

  1. Tulisan tidak sesuai dengan maksud dan tujuan.

Hambatan belum selesai, karena setelah selesai menulis dan dibaca ulang tulisan tersebut, tetapi ternyata tulisantersebut tidak sesuai dengan maksud dan tujuannya. Hasil tulisan yang seperti ini akan membuat penulis tidak puas akan tulisannya. Akibatnya banyak penulis yang kecewa dengan kemampuannya sendiri dan tidak jarang yang memutuskan untuk tidak menulis lagi.

Hambatan-hambatan seperti diatas inilah yang mampu membuat penulis berhenti dari dunia kepenulisannya. Hal inilah yang harus segera diselesaikan agar kita semakin terbiasa dengan dunia kepenulisan.

About

Check Also

sholat

Ini Tips Mudah Hilangkan Rasa Malas untuk Sholat

Tujuan diciptakan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala, dan itu tertulis jelas …

One comment

  1. Hi there, I enjoy reading through your article post.
    I like to write a little comment to support you. https://anneslot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *