waktu subuh

Dahsyatnya Waktu Subuh

Inspirasi Other
Dahsyatnya Waktu Subuh

 

Shalat Subuh berjamaah—bagi lak-laki—dan shalat pada awal waktu—bagi wanita—merupakan suatu masalah yang harus diperhatikan dalam kehidupan umat Islam. Hal ini diterapkan dalam rangka membangun umat Islam.

Persoalannya bukan masalah dua rakaat, atau sekedar bertambahnya kebaikan, tetapi lebih dari itu.

Shalat Subuh tepat waktu akan membiasakan hidup teratur dalam sehari penuh. Hidup dengan menapaki aturan yang diinginkan-Nya, yaitu aturan yang telah Allah terapkan pada alam semesta agar berjalan dengan kaidah-Nya.

Shalat Subuh mengikat ketergantungan umat muslim pada Rabbnya sejak pagi—sebagai permulaan hari. Dengan demikian umat Islam memulai harinya dengan ketaatan, dzikir, shalat, dan doa.

Shalat Subuh menjadikan seluruh umat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah sepanjang hari.

Apakah menurut Anda, masyarakat ideal adalah yang terdiri dari mereka yang mempunyai jabatan, kekuasaan, harta dan ketenaran?

Apakah bagi Anda, masyarakat ideal adalah masyarakat yang terdiri dari para aktris, penyanyi dan aktor?

Apakah menurut Anda, masyarakat ideal adalah masyarakat yang terdiri dari para dosen perguruan tinggi meski mereka orang-orang sekuler, atau para pakar dan ilmu pengetahuan—walau mereka itu rapuh, atau pedagang dan pemilik pabrik yang besar—sekalipun mereka ingkar?

Tidak demikian, Saudaraku. Masyarakat ideal yang hakiki adalah mereka yang terdiri dari orang-orang yang menjaga shalat Subuh dengan berjamaah!

Baca juga : Misteri Shalat Subuh

Carilah mereka yang lulus dalam ujian Allah!

Sesungguhnya saat ini orang-orang yang rusak dalam masyarakat jauh lebih banyak disbanding orang-orang shalih yang melaksanakan shalat Subuh. Orang-orang munafik dalam masyarakat lebih banyak ketimbang orang-orang jujur yang melaksanakan shalat Subuh.

Kemaksiatan, dosa, dan kejahatan dalam masyarakat jauh lebih besar jumlahnya daripada orang-orang yang merindukan kedekatan dengan Allah SWT. Begitu mudah menghitung orang-orang yang merindukan kebaikan, kemudian ia campakkan hangatnya Kasur, nikmatnya istirahat, dan kenikmatan dunia. Dia tinggalkan berbagai macam janji dengan orang lain untuk menghadap Allah, mendatangi rumah-Nya pada jam yang telah ditetapkan.

Alangkah mulia dan alangkah utamanya pemberian Allah SWT.

Shalat Subuh merupakan standar nilai sebuah umat. Umat yang lalai akan Subuh berjamaah, adalah umat yang tidak berhak mendapat kejayaan, akan tetapi berhak untuk diganti dengan yang lain. Umat yang menjaga shalat Subuh secara berjamaah adalah umat yang berhak untuk tegak kokoh di muka bumi!

Seorang dai yang tidak menjaga shalat Subuh dalam berjamaah, tetapi dia berbicara dan berceramah dalam sebuah majelis tentang tegaknya agama Allah di muka bumi. Naif!

Sesungguhnya Allah tidak membiarkan orang-orang terus berbuat kerusakan. Kerusakan orang-orang yang meninggalkan kewajiban Allah SWT dan meninggalkan hak-hak Allah.

Kita berharap agar bisa menjadi orang-orang yang mendapatkan keteguhan di muka bumi.

Dus, bagaimanakah ciri-ciri yang pertama bagi orang-orang yang mendapatkan keteguhan di muka bumi ini? Baca dan tadaburilah firman Allah SWT :

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa. (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan shalat,menunaikan zakat, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” (Al-Hajj: 40-41).

Sifat pertama bagi orang-orang yang mendapatkan keteguhan di muka bumi adalah: menegakkan shalat. Menegakkan shalat, bukan berarti kita menegakkan shalat seperti tegaknya seekor burung gagak, yang bukan pada waktunya.

Sesungguhnya menegakkan shalat adalah menegakkan dengan memenuhi seluruh syarat-syaratnya. Di awal waktu, pada tempat yang diperintahkan Allah, dengan penuh kekhusyukan, tunduk, permohonan, dan pengharapan.

Shalat demikian akan membangun hubungan antara seorang hamba dan Rabbnya. Juga merupakan salah satu sarana meraih kemenangan.

 

Sumber tulisan : Misteri Shalat Subuh (DR. Raghrib As-Sirjani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *