Tarhib Ramadhan, Ramadhan Terakhirku 1439 H

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183)

Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Ramadhan merupakan bulan utama yang mulia yang kehadirannya selalu dinantikan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia. Di antara kekhususan bulan Ramadhan yang menunjukkan keutamaan bulan ini, yaitu Allah membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka, dan membelenggu setan-setan. Pada setiap malam di bulan ini Allah membebaskan  para penduduk neraka.  Di bulan ini juga terdapat lailatul qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di akhir malam setiap Ramadhan, Allah mengampuni dosa orang-orang yang berpuasa, sebagaimana hal ini diterangkan dalam beberapa hadits.

Baca juga : Kenikmatan Pada Bulan Ramdhan

Di bulan Ramadhan yang mulia ini, pintu-pintu surga dibuka. Inilah kesempatan emas untuk memperbanyak amalan kebaikan. Banyak sekali amalan kebaikan yang bisa diamalkan di bulan ini, peluang untuk menambah pundi-pundi pahala pun terbuka lebar. Di siang hari melaksanakan kewajiban puasa, dilanjutkan dengan shalat tarawih di malam harinya. Bersedekah di bulan ini sangat dianjurkan,termasuk juga memberi makan orang yang berbuka. Melaksankan sahur pun juga bisa mendapat tambahan berkah. Membaca Al-Quran dan memahaminya sangat dianjurkan untuk diperbanyak di bulan ini. Belum lagi amalan-amalan ibadah yang diperintahkan di sepuluh hari terakhir, seperti menghidupkan malam dengan ibadah, melaksanakan i’tikaf, dan menunaikan zakat. Juga masih banyak amalan-amalan ketaatan lain yang bisa dilakukan.

Bulan yang penuh keberkahan dan kebaikan kini ada di hadapan mata. Mungkin saja, Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan terakhir bagi kita. Tidak ada yang bisa menjamin kita akan berjumpa dengan Ramadhan tahun berikutnya. Oleh karena itu nikmat yang sangat agung ini hendaknya kita syukuri. Kita mensyukurinya dengan memanfaatkan bulan ini untuk melaksanakan perintah – perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Kita harus bersungguh-sungguh untuk mengisinya dengan amalan ketaatan.

Menyambut bulan Ramadhan, Yayasan Ihya Ul Ummah mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan 1439 H pada 13 Mei 2018 lalu. Serangkaian kegiatan juga disertakan sehingga kegiatan menjadi makin semarak; seperti Pembagian raport santri, kajian menyambut Ramadhan, pasar kuliner, bazaar sembako, aneka potongan harga, dan beragam jajanan murah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun Yayasan Ihya Ul Ummah kembali mengadakan agenda Ramadhan. Tema  yang diambil pada tahun ini adalah Ramadhan Terakhirku 1439 H dengan beberapa kegiatan pengisi, seperti Palestina Memanggil, Wakaf Qur’an Dusun Pedalaman Indonesia, Tarwih Rasa Madinah, Kajian Subuh, Mengetuk Pintu Langit, Buka BERDAYA (bersama Janda, Yatim, Dhuafa), Tebar 100 Kado Lebaran, serta Infaq Lailatul Qadr.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *