Hijrah

Hijrah Gak Pakai Ribet? Cukup niat karena Allah

 

Hijrah. Ya pasti banyak yang bingung bagaimana awal untuk berhijrah. Gimana ya caranya tetap bisa Hijrah tanpa ribet? Gampang, yang penting itu niat karena Allah, itu kunci pertama. Banyak yang salah mengartikan niat Hijrah. Hijrah gara gara ada Ikhwan Sholeh yang diincar, aduh itu udah salah banget ukhti, jangan coba-coba deh meniatkan Hijrah kaya gitu, mengharap pada selain Allah malah akan berbuah kepedihan, benerin dulu deh niatnya.

Nah setelah niat, yang pertama coba kamu lihat pergaulan kamu, teman itu mencerminkan kita. Cobalah cari teman yang kira-kira dapat membantu memberikan semangat untuk berhijrah. Ini bukan menganjurkan kamu untuk meninggalkan teman-temanmu yang dulu ya, kamu tetap boleh kok berteman dengan siapa aja, tapi pastikan niatmu berhijrah jangan sampai goyah. Kalau terdeteksi teman-teman kamu malah menjatuhkan semangat kamu dalam berhijrah, lebih baik sementara waktu jangan kumpul dulu atau main sama mereka, kalau nanti komitmen berhijrah kamu sudah kuat, barulah kamu kembali berkumpul dan bermain sama mereka.

Jujur aja, teman teman yang punya satu visi misi sama yaitu hijrah menuju jalan yang diridhoi Allah itu beda banget rasanya. Disini kamu pasti bakalan ngerasain hidup dalam lingkup syariat Islam itu jauh lebih nyaman dan tentram, kalau belum pernah ngerasain pasti gak akan tahu gimana rasanya soalnya euforianya tuh beda banget, jadi kamu harus coba dulu. Dalam proses hijrah kamu akan dipertemukan dengan teman yang inshaallah Sholehah. Dan harus kamu tahu, ternyata ada loh syafaat nya berteman dengan orang yang Sholehah.

Imam Hasan al-Bashri menasehatkan,

استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة

”Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari klamat.”

Imam Ibnul Jauzi menasehatkan kepada teman-temannya,

إن لم تجدوني في الجنة بينكم فاسألوا عني وقولوا : يا ربنا عبدك فلان كان يذكرنا بك

”Jika kalian tidak menemukan aku di surga, maka tanyakanlah tentang aku kepada Allah. Ucapkan: ’Wahai Tuhan kami, hambaMu fulan, dulu dia pernah mengingatkan kami untuk mengingat Engkau.”

Yang kedua adalah mulailah merubah pakaian, yang biasanya pakai celana, kerudung lempar (kerudung 1 layer yang minim dan tembus pandang, yang kebanyakan muslimah pakai) diganti dengan pakaian sederhana dan Syar’i. Biasanya kendala hijrah adalah dari pakaian “Aduh ga punya uang buat beli gamis, buat beli rok,buat beli kerudung syar’i”. Tenang, kamu bisa pinjam teman kamu yang lebih dulu hijrah, pinjam aja roknya. Tapi ya jangan jadi hak milik ya rok nya hehe, masa kamu ga bisa beli rok tapi bisa beli kuota internet tiap bulan, sisihkanlah untuk beli rok sesekali. Untuk kerudung, bisa kok dibikin syari, kamu pakai kerudung yang biasa kamu pakai, tapi pakainya dua layer ya, ditumpuk supaya gak menerawang. Kalau bingung cara pakainya, kamu bisa minta ajarkan dengan temanmu yang biasa pakai hijab syari, tapi kalau mau yang simple, kamu juga bisa lihat tutorial di youtube.

Ketiga, kamu perlu mengisi rohani kamu. Seperti ikut kajian, kalau perlu gabung ikut Liqoat, biasanya liqoat itu diadakan tiap minggu, isinya bisa sharing session dan materi. Yang mengadakan biasanya Ukm Rohis, atau kalau di Universitas namanya LDK (Lembaga Dakwah Fakultas), biasanya organisasi merekalah yang paling sering membentuk beberapa grup untuk Liqo. Dan jangan lupa sering lah membaca buku, karena membaca buku adalah jendela dunia. Bacalah buku artikel tentang Islam.

Dan terakhir berkomitmen lah bahwa kamu sudah bertekad untuk hijrah lebih baik. Jika kamu punya komitmen, rintangan apa saja, inshaallah tidak akan menggoyahkan hijrahmu. Simple kan gak pakai ribet? Inshaallah simple ya, ribet itu karena kitanya yang gak bisa membuat sesuatu itu tampak simple. Yang terpenting niatkan karena Allah, sesuatu yang kamu anggap sulit bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, tapi karena kamu belum punya niat yang besar untuk menggapainya. Semangat Hijrah ya Ukhti 🙂

Baca juga: Cara Mempertahankan Semangat Hijrah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *